Cara Membuat API key Google untuk akses service API


Cara Membuat API key Google untuk akses service API - selamat malam teman-teman belajar koding, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk menggunakan  API key, bagi teman teman yang belum mengerti tentang API silahkan baca artikel tentang pengertian API terlebih dahulu. berawal dari pengalaman pribadi dimana pada saat itu saya mendapat sebuah projek website yang didalamnya ada kebutuhan untuk menampilkan data informasi dari sebuah video youtube mulai dari judul, tanggal posting, author video dan detail informasi lainya dari video tersebut. nahh untuk dapat mengambil detail data video itulah kita membutuhkan service API dari yang sudah disediakan youtube. dan kita akan mengolahnya dengan bahasa pemrograman PHP.
syarat pertama yang harus ada adalah sebuah API key. untuk membuat api key cukup mudah, teman teman hanya perlu membuat sebuah akun google. dan jika sudah ikuti langkah berikut:

  1. login ke halaman https://console.developers.google.com/
  2. setelah login dengan gmail lalu pilih menu kredensial kemudian buat kredensial

3. kemudian pilih kunci API

4. lalu akan muncul sebuah pop up dan di pop up inilah API key anda akan ditampilkan. silahkan copy api key tersebut untuk digunakan di project anda.

demikian turorial untuk membuat API key, yang akan digunakan pada tutorial berikunya yaitu akses data video youtube dengan api key dan youtube API. semoga bermanfaat :D

Comments

  1. Wah pengin tuh belajar koding, jadi apa sih pengertian API yaah...sya msh awam banget

    ReplyDelete
  2. API singkatnya merupakan kepanjangan dari Aplication programming Interface yaitu sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pertukaran informasi antara dua aplikasi atau lebih perangkat lunak (misalnya satu aplikasi web dengan satu aplikasi android). dan format data yang dihasilkan JSON dapat dibaca oleh hampir semua bahasa pemrograman yang ada seperti php, pyhton, java, dan lainnya seperti itu sejauh yang penulis pahami karena masih dalam tahap belajar jg, mohon maaf jika ada kesalahan informasi. terimakasih sudah berkunjung .. :D

    ReplyDelete

Post a Comment