Menggunakan API key untuk akses Data API youtube dengan PHP

 Menggunakan API key untuk akses Data API youtube dengan PHP  - seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya pada saat membuat sebuah kredensial API key. kali ini kita akan menggunakan api key yang sudah dibuat untuk mengakses data api youtube.
perlu diingat bahwa data respon yang dihasilkan oleh youtube API ini adalah data JSON shingga sangat penting bagi teman-teman untuk memahami dulu konsep dan cara kerja json. dengan menggunakan PHP kita dapat mengolah respon yang kita dapat.

untuk memperoleh data dari youtube kita harus menggunakan service API dengan akses URL yang sudah disediakan oleh youtube
seperti pada contoh berikut:


kode diatas digunakan untuk menampilkan list video dari sebuah channel dengan batasan hasil maksimal yang ditampilkan. gunakan API_key yang sudah anda buat dan masukan id channel yang akan ditampilkan.

gunakan perintah print_r() untuk menampilkan hasil data.

jika diperhatikan maka disitu ada data judul video, tanggal publish, judul channel, id_video dan data lainnya yang dapat kita olah.

gunakan fungsi foreeach untuk melooping hasil yang diperoleh dan ditampilkan di html.

hasil dari kode diatas kurang lebih seperti berikut ini.

agar lebih mudah dipahami,teman teman dapat mendownload source kodenya disini atau disini. selamat mencoba. happy coding :D






Comments

Post a Comment