mengenal lebih dekat API (aplication programming interface)


mengenal lebih dekat API (application programming interface) - application programming interface (API) merupakan teknologi yang dipakai untuk memfasilitasi pertukaran data antara  dua aplikasi perangkat lunak atau lebih. API adalah antarmuka virtual antara 2 perangkat lunak yang saling berinteraksi. 

perkembangan teknologi API dimulai dari pembuatan subrutine sederhana yang memiliki kemampuan interoperability dan modifiability guna membantu pertukaran data antar aplikasi. subrutin tersebut hanya mampu menangani kalkulasi matematis yang masih sederhana sampai terbentuk sebuah API pustaka perhitungan yang hampir selalu ada pada setiap bahasa pemrograman. dari subrutin sederhana itulah mulai hadir ide bagaimana API dapat dikembangkan khususnya dengan model perkembangan paradigma OOP mengakibatkan sekumpulan subrutin sejenis dapat dikumpulkan menjadi sebuah kelas pembungkus subrutin subrutin lainnya.


dengan perkembangan sebuah perangkat lunak yang merupakan kumpulan beberapa subsistem lainnya maka API juga berkembang untuk tetap memenuhi tujuannya sebagai jembatan penghubung antara perangkat lunak.  API tidak hanya bertugas untuk berbagi informasi antara perangkat lunak tetapi juga memiliki kemampuan komunikasi antar perangkat file, socket, atau layanan IPC lainnya.

pada perkembangannnya API bisa menjadi middleware yaitu sebuah subsistem tersendiri yang memiliki fungsi bagi subsistem lain dan untuk mengakses fungsi tersebut dibutuhkan koneksi tersendiri ke middleware tersebut. contoh contoh pengaksesan middleware antara lain:


  1. remote procedure calls (RPC) yaitu sebuah perangkat lunak user untuk memanggil fungsi yang berjalan pada sebuah middleware. pemanggilannya dapat dengan metode sinkronous ataupun asinkronous.
  2. message oriented middleware (MOM) yaitu sebuah sistem yang melakukan pooling data ke middleware , data yang menunggu untuk diproses oleh subsistem yang terdapat di keseluruhan disimpan pada middleware tersebut.
  3. object request broker (ORB) yaitu protokol ini memungkinkan suatu perangkat lunak mengirim dan menerima objek dan meminta layanan pada sebuah middleware berbasis objek
  4. struqtured query language (SQL) yaitu sebuah protokol untuk mengakses basisdata middleware.
API yang bagus memiliki karakteristik sebagai berikut :


  1. mudah dipelajari
  2. mudah digunakan walaupun tanpa dokumentasi
  3. sulit untuk disalahgunakan
  4. memiliki kinerja dan performa yang baik
  5. mudah dikembangkan 
panduan dalam langkah-langkah pengembangan API agar menjadi API yang baik antara lain:

  1. kumpulan keperluan API secara umum
  2. gunakan prinsip-prinsip umum dalam penembangannya seperti fungsionalitas API, ukuran API, ketersediaan API, meminimalkan akses API dengan metode enkapsulasi.
  3. desain API
  4. dokumentasi API
  5. implementasi API

Comments