Pengenalan Javascript


Pengenalan Javascript -  javascript merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program yang dipakai agar dokumen html yang ditampilkan dalam browser bisa lebih interaktif tidak sekedar indah saja. kalau indah saja itu tugasnya css hehe. javascript memberikan beberapa fungsionalitas tambahan ke dalam suatu halaman web, sehingga dapat menjasi sebuah program antarmuka yang disajikan  dengan antarmuka web.

javascript merupakan bahasa script, bahasa yang tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya. cukup dengan interpreter.  jadi tidak perlu ada kompilasi dahulu agar program dapat dijalankan. netscape navigator dan internet explorer adalah contoh dari interpreter karena  kedauanya telah dilengkapi interpreter javascript. tidak semua browser adalah interpreter karena tidak semua browser dilengkapi interpreter javascript.

javascript adalah bahasa yang ringan dan mudah digunakan. dengan adanya javascript halaman web tidak sekedar menjadi halaman data tetapi juga dapat menjadi sebuah program aplikasi berbasis web.
lalu bagaimana dengan lisensi, untuk javascript sendiri tidak perlu lisensi agar dapat menggunakannya cukup sediakan browser yang mendukung javascript maka anda dapat membuat program aplikasi berbasis web.

pada umumnya javascript adalah program yang disisipkan pada aplikasi web sehingga menjadi program aplikasi yang berjalan di browser web. namun beberapa sistem operasi seperti windows menggunakan  javascript untuk membuat aplikasi non web seperti pada MS windows yang menggunakan isitilah Windows Scripting Host(WSH) sebagai interpreter javascript dan VB Script sehingga program yang dibuat dengan javascript dan vbscript dapat dijalankan sistem operasi tanpa harus menggunakan browser web terlebih dahulu. 

Comments

Post a Comment