Peran Google Dork dalam dunia hacking


Peran Google Dork dalam dunia hackingGoogle Dork merupakan mesin pencari / search engine, yang mampu membantu google guna mencari alamat, password, dan juga berbagai kontek lain yang terindex di google. walaupun kalau melihat fakta, google dork ini dipakai 90% untuk suatu hal negatif layaknya deface website / situs, mencari password, dan hacking lainnya. Google dork biasanya di pakai untuk hal - hal yang negatif oleh cracker.
berikut contoh dari metode google dork, diantaranya:
a. Inurl: merupakan “In URL” atau “dalam url” fungsinya guna menemukan website yang di url-nya terdapat suatu string atau kata yang kita inputkan. misalnya: inurl: .blogspot maka yang akan muncul adalah site-site yang di urlnya mengandung “.blogspot”.
b.  Intitle: Merupakan “In Title” atau “dalam judul” fungsinya guna menemukan site yang artikelnya memuat judul sesuai yang kita inginkan. misalnya: intitle:”powered by” hasilnya adalah site yang judul postingannya mengandung kata “powered by”.
c. Intext: Merupakan “In Text” atau “dalam teks” dan lebih universal (umum). misalnya : intext:”tutorial” berarti di kotak pencarian google, berarti yang tampil adalah site yang mengandung kata “tutorial” entah itu di url, judul, dll. Semua yang mengandung kata “tutorial” dmunculkan.
d. Filetype: Merupakan “File Type” atau “tipe file” yang ini biasanya jarang dipakai untuk hacking, karena pada umumnya perintah ini dipakai untuk mendownload file dengan lebih spesifik sesuai kebutuhan kita seperti jika kita sedang mencari lagu/ebook. misalnya intext:”hacking” filetype:pdf  berarti hasil yang ditampilkan merupakan sekumpulan file pdf siap download dan karena saya tuliskan  intext:”hacking” maka  yang tampil adalah yang mengandung kata-kata/bertopik tentang “hacking”.
e. Site: Berguna untuk menemukan (Country domain) site yang kita tentukan, perintah ini juga sering dipakai oleh hacker guna menentukan situs negara mana yang akan dia bobol/deface dengan memasukan domain negaranya. Misalnya anda ingin  mencari web Indonesia maka dork yang harus dibuat kurang lebih seperti ini intext: site:.id , maka yang tampil akan seperti ini akan tampil yang mengandung domain “.id”
f. Link: Dipakai guna mendapatkan keseluruhan link yang berada dalam satu website, merupakan  kumpulan link (yang pada umumnya bewarna biru dan kalau di klik akan mengarahkan kita ke site yang dimaksud) yang berada dalam satu website tersebut. misalnya pengertian google dork
sekian pembahasan kali ini, happy coding.. :D

Comments