Source Code Aplikasi E-Commerce Dengan PHP Native / Prosedural


Source Code Aplikasi E-Commerce Dengan PHPNative / Prosedural - Selamat malam agan agan sahabat belajar koding.. pada kesempatan yang baik ini , saya akan berbagi sebuah source code e-commerce berupa toko online dengan item barang yang dijual adalah boneka. Jadi bisa dikatakan sebuah toko boneka online. lengkap dengan databasenya juga. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini teman teman harus memiliki servis apache dan mysql dulu di laptop atau pc teman-teman. Kalian bisa menggunakan software xampp atau wampp atau software sejenis lainnya. Untuk penulis sendiri lebih prefer ke xampp. Kemudian sediakan juga editor php seperti notepad ++ atau sublime text.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain:
1.     Buka aplikasi xampp jalankan servis apache dan mysql , pastikan benar benar sudah berjalan.
2.     Jika sudah berjalan buka browser dan ketikan localhsost/phpmyadmin untuk membuka servis mysql
3.     Buat database di dalam halaman phpmyadmin, nama database sesuai dengan nama yang ada di file koneksi.php pada bagian $database.
4.     Jika database sudah dibuat pilih import file dan browse file dengan ekstensi .sql didalam source code yang sudah di download kemudian klik go atau jalankan.
5.     Setelah selesai. Pindahkan file yang sudah dikestrak tadi ke dalam folder htdocs yang berada di folder xampp. Sesuai dengan directori anda pada saat menginstal xampp.
6.     Buka tab baru pada browser dan ketikan localhost/(nama-folder) kalo disini berarti localhost/toko-boneka dan tekan enter
7.     Sebagai catatan source code ini masih menggunakan php 5 dengan fungsi mysql_connect bukan mysqli_connect.
8.     Mysql_connect biasanya terbaca di xampp versi lama yang masih menggunakan php 5, xampp versi terbaru sudah menggunakan php 7 sehingga mysql_connect sudah deprecated(servisnya dihilangkan)
9.     Jika muncul error call undefined function mysql_connect ........ dan seterusnya berart versi xampp kalian tidak sesuai.
10. Ada 2 opsi untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama dengan menginstal ulang xampp dengan versi yang lebih lama (jadul) yang masih meggunakan php 5, atau opsi kedua merubah fungsi php yang digunakan dari mysql_connect menjadi mysqli_connect (untuk opsi kedua ini kita harus merubah hampir keseluruhan fungsi php yang dipakai,  namun sangat bagus bagi yang ingin belajar dengan tekun)

Pada source code aplikasi ini juga sudah tersedia keranjang belanja dan halaman konfirmasi pembarayan. jadi sudah cukup lengkap untuk bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi e-commerce.
terimakasih – happy coding..

Comments