Cara menyimpan data dengan inputan Checkbox kedalam Database MySQL

Cara menyimpan data dengan inputan Checkbox kedalam Database MySQL - Bagi teman teman yang baru belajar php, mungkin ada yang mengalami kesulitan ketika harus menangani inputan dengan model checkbox, karena nilai yang diinputkan bisa lebih dari satu. lalu bagaimana cara memasukannya ke dalam database. solusi yang paling sering dipakai adalah dengan menjadikan nilai inputan tersebut ke dalam bentuk array seperti pada contoh berikut.


seperti pada contoh diatas inputan dengan tipe checkbox diberikan nama yang sama dan dijadikan data array dengan penulisan hobi[] kemudian hasilnya dikirim kedalam input_test.php melalui form action.
di file input_test.php buat variabel baru untuk menampung nilai post dari hobi tadi, disini saya membuat variabel $hobby. kemudian buat variabel baru dengan nama $selected_hobby, isi nilai awalnya dengan null. lalu kita looping dengan foreach hasilnya dimasukan ke $selected_hobby dengan pemisah beru tanda koma(,) dan spasi.  jadi hasilnya berupa string yang ditampung di $selected_hobby. fungsi substr disini adalah untuk menghilangkan tanda koma(,) dan spasi yang ada diakhir nilai $selected_hobby sehingga lebih enak dibaca.  selamat mencoba-happy coding :D

Comments