validasi input username, dan password yang sama

validasi input username, dan password yang sama
Membuat Validasi Untuk Pencegahan Penggunaan Username dan Password yang sama
Selamat pagi pejuang koding :D, pagi pagi begini enaknya ngoding Aja, daripada ngomongin orang, nanti biasa mengurangi pahala puasa kita Yaa.. wkwk.. kembali ke topik, pada tutorial kali ini, saya akan sedikit berbagi hasil eksperimen saya, Hehe, setelah mencari referensi sana sini, akhirnya script untuk membuat validasi mencegah penggunaan username dan email yang sama pada saat pendaftaran berhasil juga.
Jadi kasusnya begini, saya ingin membuat sebuah form pendaftaran Dimana calon pendaftar tidak bisa lagi menggunakan username dan password yang sudah pernah masuk ke database, kecuali data tersebut dihapus dulu..atau bisa juga sudah pernah digunakan untuk mendaftar oleh member lain. Seperti pada gambar dibawah ini, ketika dibatabase sudah ada username dengan nama’andri’ maka jika anda calon member lain yang menggunakan username’andri’ maka muncul notifikasi yang mengatakan bahwa username sudah digunakan.
didatabase sudah ada username ’andri’, maka jika ada yang mendaftar dengan username andri,
akan muncul peringatan,
Langkah pertama kita buat dulu database dengan nama validasi, kemudian buat sebuah tabel dengan nama member, berikut struktur tabelnya;
Kemudian kita buat folder di htdocs dengan nama ‘validasi_isi_buat’ , pertama kita buat file koneksi.php dan simpan di dalam folder tersebut.
Kemudian buat file index.php , yang digunakan sebagai form pendaftaran.
Kemudian yang terakhir adalah file cek.php, ini merupakan file inti dari sistem validasi yang akan kita buat.
Penjelasan kode;
1. Baris 4-7 adalah pembuatan variabel untuk menampung data dari form inputan
2. Baris 9-15 adalah proses pembuatan variabel untuk menampung data dari database untuk menampung data username dan email jika ada yang sama. Jika tidak ada yang sama maka variabel tersebut nantinya bernilai null
3. Baris 18-32 adalah pembuatan kondisi jika ditemukan variabel yang sama( username atau email) maka munculkan peringatan dan direct link ke halaman index.php, jika username atau email tidak ada yang sama, maka lanjutkan dengan melakukan input data dan munculkan pesan pendaftaran berhasil.

Comments