Membuat Normalisasi Tabel di MySQL

Membuat Normalisasi Tabel di MySQL
1. Pengertian
Normalisasi database merupakan suatu pendekatan sistematis untuk meminimalkan redundansi data pada suatu database agar database tersebut dapat bekerja dengan optimal.

2. Tujuan
Tujuan normalisasi database adalah menghilangkan dan mengurangi redudansi data dan tujuan yang kedua adalah memastikan dependensi data (Data berada pada tabel yang tepat), dan ketika kita melakukan manipulasi data( insert, update, delete) maka data yang dimanipulasi adalah data yang dimaksudkan (tepat sasaran) tidak mempengaruhi isi data lain yang secara
teknis tidak berhubungan.

3. Cara melakukan Normalisasi database.
Secara Teori melakukan normalisasi database dilakukan dengan bertahap mulai dari 1NF, 2NF, 3NF, dan seterusnya yang secara teori di MySQL ada sampai 9 Tahap. Kebutuhan tahapan tahapan tersebut tergantung dari tingkat kompleksitas data yang akan dinormalisasi. Yang semua akan dilakukan diatas kertas. Namun disini kita tidak akan melakukan normalisasi dengan tahapan- tahapan tersebut tetapi langsung ke praktek normalisasi dengan Editor DBMS yaitu Navicat. Dengan ilustrasi soal sebaga berikut..



Dari data diatas kita akan membuat normalisasi dengan cara memisahkan data tersebut ke dalam sub-sub tabel yang berdiri sendiri, dengan masing-masing tabel memliki primary Key tersendiri yang nantinya akan menjadi foreign Key bagi tabel lain setelah direlasikan dengan tabel lainnya. Prinsipnya adalah membuat tabel sendiri bagi entitas yang kemungkinan data ditambah atau dikurangi sewaktu-waktu atau dimasa yang akan datang.
Berikut adalah hasil tabel yang telah dibuat berdasarkan data tersebut.


Kemudian setelah itu kita buat bea dengan nama view_krs caranya klik pada tap view kemudian pilih new view- kemudian pilih view builder. Kemudian klik pada tabel tabel yang entitasnya berhubungan dengan view yang akan kita buat, seperti contoh berikut.



Kemudian buat relasi diantara tabel tersebut sesuai dengan foreign Key yang telah dibuat. Caranya klik pada field yang menjadi primary Key dan juga sekaligus memadai foreign Key di tabel yang dituju dengan cara klik field primary Key tersebut dan drag ke field yang menjadi foreign Key. Sehingga akan muncul garis penghubung seperti berikut.


Lakukan pada semua tabel yang memiliki foreign Key, sehingga hasilnya menjadi seperti ini,



Jangan lupa isi datanya dulu di masing masing tabel yang bersangkutan sesuai dengan data pada soal diatas., jika sudah selesai maka klik pada tombol preview di halaman view.

Dan hasil akhirnya adalah menjadi seperti dibawah

Comments

  1. Membuat Normalisasi Tabel Di Mysql >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Normalisasi Tabel Di Mysql >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Normalisasi Tabel Di Mysql >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Post a Comment